Menurut
Project Mangement Body of Knowledge Guide (PMI 2001) mengatakan bahwa manajer
proyek seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus sebuah proyek. Menurut
Ritz (1994) seorang manajer proyek berasal dari suatu institusi atau seorang
pengusaha yang sinonim dengan pengurus, eksekutif, supervisor dan boss. Berikut
kepopuleran dan keterampilan seorang manager :
·
Latar belakang
teknis yang kuat.
·
Seorang manajer
yang keras kepala.
·
Individu yang
bersifat dewasa.
·
Seseorang yang
tersedia.
·
Seseorang yang
memiliki hubungan baik dengan para eksekutif senior.
·
Seseorang yang
dapat memelihara kebahagiaan tim proyek.
·
Orang yang telah
bekerja dalam beberapa departemen berbeda.
Menurut
Timothy R. Barry dalam artikelnya di http://projectsmart.co.uk mengatakan ada
10 kriteria dalam menjadi manajer proyek yang baik, yaitu :
1. Menginspirasi Visi Bersama
Seorang
pemimpin proyek yang efektif sering digambarkan sebagai memiliki visi ke mana
harus pergi dan kemampuan untuk mengartikulasikan itu. Visioner berkembang pada
perubahan dan mampu menarik batas-batas baru. Hal ini pernah dikatakan bahwa
seorang pemimpin adalah seseorang yang "mengangkat kita, memberi kita
alasan untuk menjadi dan memberikan visi dan semangat untuk berubah."
Pemimpin visioner memungkinkan orang untuk merasa bahwa mereka memiliki
kepentingan nyata dalam proyek tersebut. Mereka memberdayakan orang untuk
mengalami visi sendiri. Menurut Bennis "Mereka menawarkan kesempatan orang
untuk menciptakan visi mereka sendiri, untuk mengeksplorasi apa visi akan
berarti untuk pekerjaan dan kehidupan mereka, dan untuk membayangkan masa depan
mereka sebagai bagian dari visi untuk organisasi."(Bennis, 1997).
2. Pembicara yang Baik
Kemampuan
untuk berkomunikasi dengan orang-orang di semua tingkatan hampir selalu disebut
sebagai keterampilan yang paling penting kedua oleh manajer proyek dan anggota
tim. Kepemimpinan proyek panggilan untuk komunikasi yang jelas tentang tujuan,
tanggung jawab, kinerja, harapan dan umpan balik.
Ada
banyak nilai ditempatkan pada keterbukaan dan keterusterangan. Pemimpin proyek
juga link tim untuk organisasi yang lebih besar. Pemimpin harus memiliki
kemampuan untuk secara efektif bernegosiasi dan menggunakan persuasi bila
diperlukan untuk memastikan keberhasilan tim dan proyek. Melalui komunikasi
yang efektif, pemimpin proyek dukungan prestasi individual dan tim dengan
membuat pedoman yang jelas untuk mencapai hasil dan untuk kemajuan karir
anggota tim.
3. Integritas
Salah
satu hal yang paling penting seorang pemimpin proyek harus diingat adalah bahwa
nya tindakan, dan bukan kata-kata, mengatur modus operandi untuk tim.
Kepemimpinan yang baik menuntut komitmen untuk, dan demonstrasi, praktek etika.
Menciptakan standar perilaku etis bagi diri sendiri dan hidup dengan
standar-standar, serta penghargaan mereka yang memberikan contoh
praktek-praktek, adalah tanggung jawab pemimpin proyek.Kepemimpinan termotivasi
oleh kepentingan diri sendiri tidak melayani kesejahteraan tim.Kepemimpinan
didasarkan pada integritas mewakili tidak kurang dari satu set nilai-nilai
orang lain, perilaku yang konsisten dengan nilai-nilai dan dedikasi untuk
kejujuran diri dan dengan anggota tim. Dengan kata lain pemimpin "berjalan
pembicaraan" dan dalam proses mendapatkan kepercayaan.
4. Antusiasme
Polos
dan sederhana, kita tidak suka pemimpin yang negatif - yang mereka bawa
kita.Kami ingin pemimpin dengan antusias, dengan bouncing pada langkah mereka,
dengan sikap bisa-melakukan. Kami ingin percaya bahwa kita adalah bagian dari
sebuah perjalanan menyegarkan - kita ingin merasa hidup. Kita cenderung
mengikuti orang-orang dengan sikap bisa-melakukan, bukan mereka yang memberi
kita 200 alasan mengapa sesuatu tidak dapat dilakukan. Antusias para pemimpin
berkomitmen untuk tujuan mereka dan mengekspresikan komitmen ini melalui
optimisme. Kepemimpinan muncul sebagai seseorang menyatakan komitmen percaya
diri seperti itu untuk proyek yang lain ingin berbagi harapan optimis nya.
Antusiasme bersifat menular dan pemimpin yang efektif tahu itu.
5. Empati
Apa
perbedaan antara empati dan simpati? Meskipun kata-kata yang serupa, mereka,
pada kenyataannya, saling eksklusif. Menurut Norman Paulus, dalam simpati
subjek ini terutama diserap dalam perasaan sendiri karena mereka diproyeksikan
ke objek dan memiliki kepedulian kecil untuk realitas dan validitas pengalaman
khusus benda. Empati, di sisi lain, mengandaikan keberadaan objek sebagai
individu yang terpisah, berhak nya perasaannya sendiri, ide-ide dan sejarah
emosional (Paul, 1970). Sebagai salah satu siswa sehingga fasih mengatakan,
"Ini bagus ketika pemimpin proyek mengakui bahwa kita semua memiliki
kehidupan di luar pekerjaan."
6. Kompetensi
Sederhananya,
mendaftarkan diri dalam menyebabkan lain, kita harus percaya bahwa orang yang
tahu apa yang dia lakukan. Kompetensi kepemimpinan tidak selalu bagaimanapun
kemampuan teknis mengacu pada pemimpin proyek dalam teknologi inti dari bisnis.
Sebagai manajemen proyek terus diakui sebagai lapangan dalam dan dari dirinya
sendiri, pemimpin proyek akan dipilih berdasarkan kemampuan mereka untuk
berhasil memimpin orang lain bukan pada keahlian teknis, seperti di masa lalu.
Memiliki track record menang adalah cara paling pasti untuk dianggap kompeten.
Keahlian dalam keterampilan kepemimpinan adalah dimensi lain dalam kompetensi.
Kemampuan untuk tantangan, menginspirasi, memungkinkan, model dan mendorong
harus ditunjukkan jika pemimpin harus dilihat sebagai mampu dan kompeten.
7. Kemampuan untuk Mendelegasikan
Tugas
Kepercayaan merupakan elemen penting dalam
hubungan seorang pemimpin proyek dan tim nya. Anda menunjukkan kepercayaan Anda
pada orang lain melalui tindakan Anda - seberapa banyak Anda memeriksa dan
mengontrol pekerjaan mereka, seberapa banyak Anda mendelegasikan dan seberapa banyak
Anda memungkinkan orang untuk berpartisipasi. Individu yang tidak mampu untuk
mempercayai orang lain sering gagal sebagai pemimpin dan selamanya tetap
sedikit lebih bahwa mikro-manajer, atau akhirnya melakukan semua pekerjaan
sendiri. Sebagai salah satu proyek mahasiswa manajemen mengatakan,
"Seorang pemimpin yang baik sedikit malas." Sebuah perspektif yang
menarik!
8. Tenang di Bawah Tekanan
Dalam
dunia yang sempurna, proyek akan disampaikan pada waktu, di bawah anggaran dan
tanpa masalah besar atau rintangan. Tapi kita tidak hidup di dunia yang
sempurna - proyek mengalami masalah. Seorang pemimpin dengan sikap tangguh akan
membawa masalah ini dengan tenang. Ketika para pemimpin menghadapi peristiwa
stres, mereka menganggap itu menarik, mereka merasa bahwa mereka dapat
mempengaruhi hasil dan mereka melihatnya sebagai sebuah kesempatan.
"Keluar dari ketidakpastian dan kekacauan perubahan, pemimpin bangkit dan
mengartikulasikan sebuah gambar baru masa depan yang menarik proyek
bersama." (Bennis 1997) Dan ingat - tidak pernah membiarkan mereka melihat
Anda berkeringat.
9. Membangun Keterampilan Tim
Sebuah
pembangun tim terbaik dapat didefinisikan sebagai orang yang kuat yang
memberikan substansi yang memegang tim bersama-sama dalam tujuan umum terhadap
tujuan yang tepat. Agar sebuah tim untuk kemajuan dari kelompok asing untuk
sebuah unit tunggal yang kohesif, pemimpin harus memahami proses dan dinamika
yang diperlukan untuk transformasi ini. Dia juga harus mengetahui gaya
kepemimpinan yang sesuai untuk digunakan selama setiap tahap pengembangan tim.
Pemimpin juga harus memiliki pemahaman tentang gaya tim pemain yang berbeda dan
bagaimana memanfaatkan masing-masing pada waktu yang tepat, untuk masalah di
tangan.
10. Keterampilan Memecahkan Masalah
Meskipun
seorang pemimpin yang efektif dikatakan untuk berbagi pemecahan masalah
tanggung jawab dengan tim, kami berharap para pemimpin proyek kami untuk
memecahkan masalah yang sangat baik kemampuan sendiri. Mereka memiliki
"segar, respon kreatif untuk sini-dan-sekarang kesempatan," dan
keprihatinan tidak banyak dengan bagaimana orang lain telah dilakukan mereka.
(Kouzes 1987).
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar